Pages

Sabtu, 19 Februari 2011

Mobil Langka Seharga Rp 126 Miliar

Kadang mobil classic nan langka memang memiliki harga yang sangat mahal, jauh diatas harga sebuah supercar terbaru yang dibekali dengan fitur teknologi tercanggih.
Hal itulah yang juga terjadi pada sebuah mobil Phantom II Continental 40/50 HP lansiran tahun 1934. mobil yang dijuluki ‘Star of India’ tersebut awalnya akan dilepas dengan harga penawaran sekitar USD 14 juta atau sekitar Rp 126 miliar!
Bila rencana itu terlaksana, mungkin akan menjadikannya sebagai salah satu mobil paling mahal yang pernah ada di dunia. Mobil itu sendiri pada awalnya sebenarnya dibuat secara khusus untuk maharaja Rajkot.
Tetapi setelah mampir dibeberapa balai lelang, Roll Royce langka itu akhirnya dapat dilepas dengan harga dibawah penawaran pertama, yakni USD 850.000 atau sekitar Rp 7.6 miliar.
Uniknya, mobil itu malah dibeli seorang pria India yang ternyata adalah Mandhatasinh Jadeja, seorang mantan pangeran Rajkot yang tak lain adalah cucu dari maharaja pemilik pertama mobil tersebut. Ternyata, Jadeja membawa Roll Royce “Star of India” itu sebagai hadiah kepada ayahnya pada hari ulang tahunnya ke-75 nya.
Mandhatasinh Jadeja, mantan pangeran Rajkot, mengatakan kepada Times of India, ia berencana untuk kembali membawa mobil bekas kakeknya itu ke tanah airnya dan memberikannya kepada ayahnya sebagai hadiah ulang tahun.
Mobil itu sebenarnya telah dijual oleh Kakeknya kepada seorang kolektor Inggris pada tahun 1968, dan setelah jatuh kebeberapa kolektor, akhirnya mobil ini dipajang di sebuah Galeri Seni di Ontario, Kanada.
Mobil mewah yang sangat istimewa ini dibuat oleh Thrupp dan Maberley dan memiliki coachwork yang cukup mewah serta dapat menampung tujuh penumpang dan beberapa sentuhan unik untuk cat-nya.
Kap mesin dan sayap sepakbor terbuat dari aluminium yang dipoles dan seluruh tubuh dilabur warna oker kunyit, sebuah warna yang dianggap sebagai simbol dari kemurnian di India.
Interior mobil juga dibuat seluruhnya dengan menggunakan warna oker, lalu dashboard dengan aksen marmer yang juga berwarna pasta kunyit. Fitur lain yang unik adalah dua lampu kabut dapat mengikuti gerakan roda kemudi saat dibelokkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar